Jumat, 19 Februari 2016

PRAKARYA KURIKULUM 2013

A.   Karya kerajinan hias dan modifikasinya
1.       Kerajinan merupakan bagian dari seni rupaterapan yang diartikan sebagai proses produksiyang melibatkan keterampilan manual dalammembuat benda-benda kebutuhan hidup yangdirancang untuk tujuan fungsional (kegunaan)serta memiliki nilai keindahan.
2.     Tujuan dari produk kerajinan:
1)      Sebagai penghias
2)    Sebagai benda dipakai
3)    Sebagai kebutuhan ritual
4)    Sebagai kebutuhan simbolik
5)    Sebagai kebutuhan konstruktif
3.     Bahan kerajinan fungsi hias;
1)      Bahan alam
Bahan alam adalah sesuatu yang terdapatdi alam semesta. Misalnya rotan, kulit, logam emas, batu, tanah liat, kayu, serat batang pisang, dan bambu.
2)    Bahan buatan
Bahan buatan adalah sesuatu yang diolah manusia dengan menggunakan bahan kimia dan paduannya, bukan asli dari alam, untuk mendapatkan efek duplikasi bahan alam. Misalnya lilin, gips, fiberglass, dan sabun.
3)    Bahan limbah organik
Bahan limbah organik merupakan limbahyang bisa dengan mudah diuraikan ataumudah membusuk. Limbah organik mengandung unsur karbon. Misalnya kulit jagung, kertas/
kardus, jerami, sisik ikan, cangkang kerang, tempurung kelapa.
4)    Bahan limbah anorganik
Bahan limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa diuraikan atau tidak bisa membusuk. Limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Misalnya karet ban, plastik, kaleng, streofoam, kaca, logam besi/baja, pecahankeramik.
4.     Tujuan kerajinan fungsi hias
1)      Untuk memenuhi kebutuhan
2)    Kerajinan fungsi hias modifikasi
5.     Kemasan produk kerajinan hias
Kemasan memiliki 4 fungsi utama, yaitu menjual produk, melindungi produk, memudahkan penggunaan produk, dan memperindah penampilan produk. Bahan dasar dari kemasan itu sendiri sangat bervariasi, seperti logam, plastik, kayu, serat alam, kardus, kaca, mika.
6.     Modifikasi produk kerajinan fungsi hias

Modifikasi adalah merubah, menggayakan menambah/menyederhanakan bentuk, memadukan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna, motif, dan menciptakan karya baru yang sangat berbeda dari asalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar